Monday 29 August 2016

jenis-jenis akuntansi


akuntansi
Akuntansi
Ada beberapa jenis akuntansi diantaranya



1. Financial Accounting (Akuntansi Keuangan)
Financial Accounting adalah bidang akuntansi dari suatu entitas ekonomi secara keseluruhan. Akuntansi ini menghasilkan laporan keuangan yang ditujukan untuk semua pihak khususnya pihak-pihak dari luar perusahaan, sehingga laporan yang dihasilkan bersifat berguna (general purpose).

Baca juga : Akuntansi Manajemen 

2. Management Accounting (akuntansi Manajemen)
Management Accounting adalah akuntansi yang khusus member informasi bagi pimpinan perusahaan/ manajemen untuk pengambilan keputusan dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan. selengkapnya bisa dilihat disini.

3. Cost accounting (akuntansi biaya)
Cost accounting adalah akuntansi yang kegiatan utamanya adalah menetapkan, mencatat, menghitung, menganalisis, mengawasi serta melaporkan kepada manajemen tentang biaya dan harga pokok produksi.

4. Auditing ( akuntansi pemeriksaan)
Auditing bidang ini berhubungan dengan pemeriksaan secara bebas terhadap laporan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan, sehingga laporan akuntansi yang dibuat bisa lebih dipercaya secara obyektif.

5. Accounting System (system akuntansi)
Accounting System bidang ini melakukan perancangan dan implementasi dari prosedur pencatatan dan pelaporan data akuntansi.

6. Tax Accounting (Akuntansi Perpajakan)
Tax Accounting adalah bidang akuntansi yang bertujuan untuk membuat laporan keuangan untuk kepentingan perpajakan dan perencanaan perpajakan sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku.

Baca juga: Jenis-jenis piutang

7. Budgeting (Akuntansi anggaran)
Budgeting bidang ini berhubungan dengan penyusunan rencana keuangan perusahaan mengenai kegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu dimasa dating serta analisis dan pengawasannya.

8. Not profit accounting (Akuntansi organisasi nir laba)
Not profit accounting adalah bidang akuntansi yang proses kegiatannya dilakukan oleh organisasi non laba seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Yayasan dan lain-lain.



EmoticonEmoticon